Jumat, 06 Desember 2013

BAB I SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini dapat berpengaruh terhadap kegiatan yang dilakukan disetiap kantor, organisasi, atau perusahaan dituntut untuk menyesuaikan dengan kemajuan yang ada, agar tujuan pelayanan masyarakat dapat dicapai dengan seoptimal mungkin, maka  memerlukan peningkatan efisiensi dan efektifitas dari pelayanan tersebut. Dalam pencapaian tujuan tersebut, faktor arsip yang ada didalamnya tidak dapat diabaikan karena unsur yang terpenting selain faktor - faktor lainnya. Pada kantor Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai yang merupakan instansi pemerintah yang menggunakan komputer tersebut hanya pada bagian tertentu saja, salah satu informasi yang sangat penting dalam suatu instansi adalah rekaman dari kegiatan instansi itu sendiri, rekaman tersebut terdapat pada arsip.
Arsip merupakan pusat ingatan bagi setiap organisasi atau instansi, apabila pengolahannya kurang baik akibatnya akan mempengaruhi reputasi suatu organisasi atau instansi tersebut. Arsip yang teratur dan tertib akan sangat menunjang kecepatan dan ketepatan penyajian informasi serta dapat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan didalam menentukan kebijakan untuk menyusun rencana program pelaksanaan kegiatan berikutnya, karena dengan arsip dapat diketahui bermacam - macam informasi yang sudah dimiliki, sehingga dapat ditentukan sasaran yang akan dicapai. Salah satu permasalaahn yang dihadapi kantor Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai diantaranya terdapat pada pengarsipan surat, dimana proses sistem pencatatan surat masuk dan surat keluar tersebut masih menggunakan proses manual akibatnya sulit menemukan kembali arsip yang diperlukan untuk proses pelaksanaan kegiatan, sehingga terjadi salah komunikasi dan terdapatnya duplikasi arsip serta menumpuknya data yang memenuhi ruangan tersebut sehingga menghambat kelancaran aktivitas kerja. Salah satu tugas bagian pengarsipan surat masuk dan surat keluar pada kantor Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai adalah membuat surat - surat yang diterima maupun yang dikeluarkan secara manual. Oleh karena itu komputer sangat diperlukan untuk mengatasi masalah dalam hal pencatatan surat masuk dan surat kaluar, proses pencatatan surat masuk dan surat keluar yang sudah terkomputerisasi dapat merekam kesalahan atau kekeliruan yang terjadi, sehingga tidak terjadi penumpukan data dan pencarian data - data yang diperlukan akan sangat mudah ditemukan apabila sudah terkomputerisasi.
            Maka dengan menggunakan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Keluar akan mempermudah instansi pemerintahan kantor Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai akan berjalan secara lebih optimal melayani masyarakat dengan cepat dan tepat.

1.2               Tujuan Praktek Kerja Lapangan
            Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan adalah untuk dapat membuat rancangan suatu sistem informasi surat masuk dan keluar desa yang dapat membantu dalam proses pembuatan dan pengarsipan surat-surat yang dianggap penting. Dengan terancangnya sistem informasi surat masuk dan keluar desa maka diharapkan akan  mempermudah dan mempercepat pembuatan dalam pencarian surat-surat penting sehingga dapat mengoktimalkan kinerja pegawai

1.3  Manfaat Praktek Kerja Lapangan
            Adapun manfaat yang diperoleh yaitu bagi pihak yang bersangkutan yaitu :
1.3.1        Manfaat Bagi Mahasiswa
a.         Dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh pada masa kuliah.
b.         Menambah wawasan dan pengalaman dalam menghadapi dunia kerja.
c.         Meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam kerja.

1.3.2        Manfaat Bagi Akademik
a.         Dapat mempromosikan keberadaan Akademik ditengah-tengah dunia kerja sehingga dapat mengantisipasi kebutuhan dunia kerja akan tenaga kerja yang profesional dan kompeten dibidangnya.

1.3.3        Manfaat Bagi Instansi
a.         Membantu instansi dalam menyelesaikan tugas sehari-hari selama Praktek Kerja Lapangan.
b.         Penulis dapat membantu memecahkan masalah dalam hal-hal yang berkaitan dengan sistem informasi yang ada di kantor tersebut.

1.4  Ruang Lingkup
            Adapun ruang lingkup dalam pembuatan Laporan Praktek Kerja Lapangan adalah membahas tentang prosedur sistem pengarsipan surat-surat penting yang diterima maupun yang akan dikeluarkan kantor desa.
  
1.5  Metode Pengumpulan Data
            Adapun beberapa metode pengumpalan data yang dilakukan oleh penulis selama melakukan Praktek Kerja Lapangan.
1.5.1        Wawancara
            Wawancara merupakan tehnik pengumpulan data atau informasi dari “informan” atau “Responden”  yang telah ditetapkan, dilakukan dengan cara “Tanya jawab sepihak tetapi sistematis” atas dasar tujuan penelitian yang hendak di capai,dalam hal ini penulis melakukan wawancara terhadap pegawai yang langsung berkaitan dalam sistem informasi pengarsipan surat.
1.5.2        Observasi
Observasi atau pengamatan merupakan salah satu tehnik pengumpulan data/fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Observasi adalah pengamatan langsung penulis tentang pembuatan keputusan dan pengamatan langsung setiap kegiatan yang sedang berjalan.
1.5.3        Dokumen
Sumber lain pengumpulan data/fakta yang efektif ialah pengamatan setiap dokumen yang ada,diantaranya data surat masuk dan keluar yang telah di arsipkan.
  
1.6  Waktu Dan Tempat Penelitian PKL
            Penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan di Kantor Desa Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai,pada tanggal 8 Juli s/d 3 Agustus 2013. Waktu Praktek Kerja Lapangan adalah mulai 08.30 WIB sampai dengan 14.00 WIB.
Uraian
Bulan
Juli
Agustus
Minggu Ke-
1
2
3
4
1
2
3
4
Pengajuan PKL








Penerimaan PKL








Pelaksanaan PKL









Tabel 1.1 Waktu Pelaksaan Praktek Kerja Lapangan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer